Minggu, 28 Februari 2010

Kembara 1 (oe_fmc): generasi 1 vs generasi 436

Dear rekan-rekan,

Evolusi program dengan kromosom tipe oe_fmc telah berlangsung sampai generasi 437. Setiap generasi rata-rata memerlukan waktu 20 menit, sehingga total waktu yang dibutuhkan sampai generasi 437 adalah sekitar 6 hari.

Sekarang kita akan mencoba mengadu antara program terbaik di generasi awal dengan program terbaik di generasi akhir. Secara teoritis, generasi-generasi akhir seharusnya lebih baik dari generasi-generasi awal, sehingga kita berharap generasi 436 akan menang melawan generasi 1.

Hitam: generasi 1, Putih: generasi 436

Dalam permainan othello, pemain putih cenderung diuntungkan karena ia mempunyai kesempatan untuk melangkah terakhir, yang berarti ia mempunyai kesempatan untuk terakhir kali membalik keping-keping lawan. Dengan demikian, kedua pemain yang sama kuat cenderung akan dimenangkan oleh putih, atau minimal draw.

Anda dapat mengulangi permainan ini menggunakan GeneThello Applet, dan melakukan setting seperti berikut:

Edit -> Black -> Machine
Edit -> Black -> Player -> oe_fmc_1_14:49:3:2:2:3:3:9:1:10:3
Edit -> White -> Machine
Edit -> White -> Player -> oe_fmc_436_18:45:5:2:8:8:4:9:1:2:4
File -> New

Informasi masing-masing pemain adalah sebagai berikut:

Hitam
Kromosom: 14:49:3:2:2:3:3:9:1:10:3
Life: 1 ~ 12
Win: 17563
Lose: 14786
Draw: 329
Elo: 1781

Putih
Kromosom: 18:45:5:2:8:8:4:9:1:2:4
Life: 436 ~ 437
Win: 2136
Lose: 2822
Draw: 46
Elo: 1531

Data di atas adalah data yang dikumpulkan dari masa peng-evolusian program sejak generasi 1 sampai generasi 437. Dari data tersebut dapat kita ketahui antara lain, pemain hitam lahir pada generasi 1 dan mati pada generasi 12, dan Elo rating terakhirnya adalah 1781. Sedangkan pemain putih lahir pada generasi 436 dan masih bertahan hingga generasi 437, dan Elo rating terakhirnya adalah 1531.

Kedalaman berpikir untuk masing-masing pemain diset sama yaitu 9 langkah ke depan. Dengan ini diharapkan kedua pemain dapat memikirkan dengan baik langkahnya masing-masing tetapi dalam waktu yang tidak terlalu lama.

Permainan awal dapat dilihat seperti pada gambar berikut. Walaupun kedua pemain tidak menggunakan opening book, tetapi pembukaan kedua pemain tampak mengikuti Diagonal Opening -> Heath / Tobidashi.



Selanjutnya memasuki permainan tengah.. kedua pemain tampak bermain tepi, di mana empat kotak tengah di tepi ditempati terlebih dulu. Posisi ini dikenal sebagai posisi yang cukup kuat untuk pemain level pemula. Hitam tampak mulai terdesak, sehingga terpaksa mengambil posisi x-square g2 yang berbahaya, dan menyerahkan sudut kanan atas kepada putih.



Menjelang permainan akhir.. kemenangan putih terlihat semakin nyata. Sudut kanan atas sudah dikuasai demikian juga tepi atas dan kanan.. bahkan hitam juga sudah menyerah di sudut kiri atas dengan menempati kotak x-square b2. Selanjutnya putih tinggal mempertahankan kemenangan ini sampai permainan berakhir.



Akhirnya putih memenangkan pertandingan dengan 40 - 24, dan menguasai tiga sudut dan tiga tepi, sementara hitam hanya mendapatkan satu sudut dan satu tepi.



Dengan demikian, memainkan keping putih generasi 436 berhasil menang melawan generasi 1. Tetapi boleh jadi hal ini karena generasi 436 memainkan keping putih, yang secara inheren memang memiliki keuntungan dibanding keping hitam.

Bagaimanakah bila warna kedua pemain dibalik? Masihkah generasi 436 unggul dibanding generasi 1?

Mari kita ikuti terus pengembaraan ini..


Transkrip permainan

1. d3 - c3
2. c4 - e3
3. d2 - c2
4. c1 - b4
5. b3 - e1
6. e2 - a3
7. a4 - d1
8. f1 - a5
9. b5 - f2
10. g2 - a6
11. f4 - f3
12. g3 - c5
13. d6 - g4
14. f5 - h3
15. h2 - h1
16. g1 - b1
17. h4 - h5
18. b6 - a7
19. b2 - c6
20. g5 - h6
21. g6 - d7
22. d8 - e7
23. f6 - f8
24. c7 - e6
25. f7 - c8
26. b8 - g8
27. g7 - e8
28. h8 - h7
29. a2 - a1
30. b7 - a8
Related Posts : diagonal opening , evolusi , generasi akhir , generasi awal , heath , kromosom , oe_fmc , permainan tepi , sudut , tepi , tobidashi , x-square

0 komentar :

Posting Komentar