Jumat, 10 Juni 2011

Apa itu Othello?

Dear rekan-rekan,

Othello atau disebut juga reversi adalah permainan yang menggunakan papan berisi kotak sebanyak 8x8, antara dua orang pemain dengan keping hitam dan putih seperti di bawah.


Tujuan dari permainan ini adalah kedua pemain saling berusaha memiliki jumlah keping terbanyak di akhir permainan untuk jadi pemenang.

Aturan permainannya adalah sebagai berikut:

  1. Permainan dimulai dari posisi papan dengan susunan keping hitam dan putih seperti pada gambar di atas, yaitu dua keping hitam dan dua keping putih tepat di tengah-tengah papan dengan posisi saling memotong secara diagonal, dengan keping hitam miring ke kanan-atas dan putih miring ke kiri-atas.
  2. Pemain hitam melangkah pertama kali dengan meletakkan keping hitam di kotak kosong di mana dia bisa mengapit keping putih di antara dua keping hitam, yaitu di antara keping hitam yang sudah ada di papan dan keping hitam yang baru diletakkan, boleh mengapit secara horizontal, vertikal maupun diagonal, misalnya di kotak "d3".
  3. Keping putih yang terjepit pada no. 2 di atas, dibalik semua menjadi keping hitam.
  4. Berikutnya giliran pemain putih melangkah dengan meletakkan keping putih di kotak kosong di mana dia bisa mengapit keping hitam di antara dua keping putih, yaitu di antara keping putih yang sudah ada di papan dan keping putih yang baru diletakkan, boleh mengapit secara horizontal, vertikal maupun diagonal, misalnya di kotak "c3".
  5. Keping hitam yang terjepit pada no. 4 di atas, dibalik semua menjadi keping putih.
  6. Demikian kedua pemain bergantian saling meletakkan kepingnya di kotak kosong di mana dia bisa mengapit keping lawannya, dan membalik keping lawannya menjadi kepingnya.
  7. Kedua pemain tidak boleh meletakkan kepingnya di kotak yang sudah terisi, atau di kotak kosong di mana dia tidak mengapit keping lawannya.
    Gambar kiri menunjukkan kotak yang sudah terisi sehingga tidak bisa diletakkan keping baru. Gambar kanan, tanda lingkaran biru menunjukkan kotak kosong yang mengapit keping putih oleh hitam, sehingga hitam boleh melangkah ke sana. Tanda silang merah dan semua kotak kosong diluarnya, menunjukkan kotak kosong yang tidak mengapit keping putih oleh hitam, sehingga hitam tidak boleh melangkah ke sana. 
  8. Apabila pemain tidak mempunyai kotak di mana dia bisa melangkah, maka dia harus 'pass' yaitu memberikan gilirannya melangkah kepada lawannya.
  9. Apabila kedua pemain sama-sama tidak mempunyai kotak di mana dia bisa melangkah, biasanya ketika papan sudah penuh, maka permainan selesai.
  10. Pemain dengan jumlah keping terbanyak adalah pemenang.
Demikianlah sekilas tentang permainan othello. Anda ingin mencobanya? Silakan coba lawan genethello di..



Related Posts : applet , genethello , hitam , keping , othello , putih , reversi

2 komentar :

Trans 888 Media mengatakan...

http://nboard.tk
NTest / NBoard adalah program othello/reversi terkuat saat ini, 100% gratis, analisanya berkualitas tinggi, banyak fitur2 bagus, selalu bermain sempurna pada permainan standar.

Trans 888 Media mengatakan...

http://nboard.tk
NTest / NBoard adalah program othello/reversi terkuat saat ini, 100% gratis, analisanya berkualitas tinggi, banyak fitur2 bagus, selalu bermain sempurna pada permainan standar.

Posting Komentar