Kamis, 25 Februari 2010

GeneThello Applet

Anda dapat mencoba GeneThello, dan juga kromosom-kromosom yang telah dicapai oleh algoritma genetika, dengan applet ini.

Untuk menjalankan applet ini anda perlu mengaktifkan Java applet di browser anda, dan menginstall Java plugin terbaru yang dapat didownload melalui:

http://www.java.com/en/download/manual.jsp

File size dari applet ini adalah sekitar 142.7 kB, dan memerlukan waktu sekitar 20 detik untuk loadingnya, menggunakan modem berkecepatan 56 kbps.


Cara penggunaan

Memilih pemain:

Edit -> Black/White -> Man/Machine

Pilih Man untuk pemain manusia atau Machine untuk pemain komputer.

Memilih (kromosom) pemain untuk Machine:

Edit -> Black/White -> Player -> ...

(Kromosom) pemain dituliskan dalam format TYPE_BIRTH_CHROMOSOME, yang menunjukkan tipe kromosom, pada generasi ke berapa kromosom itu lahir, dan nilai kromosom itu sendiri. Misalnya kromosom oe_fmc_1_14:49:3:2:2:3:3:9:1:10:3 berarti, pertama-tama tipenya adalah oe_fmc, yaitu mempunyai dua batas langkah, o yang membatasi opening-game dan mid-game, dan e yang membatasi mid-game dan end-game, serta mempertimbangkan tiga fitur yaitu: flips (jumlah keping yang dibalik), mobility (jumlah langkah lawan), dan corners (selisih jumlah sudut); kedua dia dilahirkan pada generasi pertama; terakhir nilai kromosomnya adalah 14:49:3:2:2:3:3:9:1:10:3.

Memilih kedalaman berpikir untuk Machine:

Edit -> Black/White -> Depth -> 1 ~ 15

Semakin dalam GeneThello diijinkan untuk berpikir, langkahnya akan semakin bagus tetapi waktunya juga semakin lama. Kedalaman 1 adalah yang paling cepat tetapi langkahnya tidak dipikirkan dengan baik. Kedalaman 15 menjadikan GeneThello berpikir sangat lama dalam melangkah dan tidak menyenangkan untuk lawan bermain. Kedalaman 9 adalah yang paling pas, langkahnya dipikirkan dengan cukup baik dan waktunya pun tidak terlalu lama.

Memulai permainan:

File -> New

Melihat transkrip permainan:

File -> Transcript


Applet

Related Posts : applet , berpikir , birth , depth , genethello , kedalaman , kelahiran , kromosom , machine , man , pemain , player , tipe , type

0 komentar :

Posting Komentar