Sabtu, 11 Juni 2011

Strategi bermain othello

Dear rekan-rekan..

Othello adalah permainan yang sangat mudah dipelajari, tetapi memerlukan waktu lama untuk menjadi pandai.. seperti judul buku yang ditulis oleh mantan juara dunia othello, Brian Rose.. "Othello: A minute to learn...A lifetime to master". Dan pada tulisan kali ini saya ingin mengupas sedikit tentang strategi bermain othello supaya menang.

1. Jumlah keping

Tujuan permainan othello adalah untuk memiliki jumlah keping sebanyak-banyaknya di akhir permainan. Karena inilah pemain pemula othello selalu berusaha melangkah di kotak-kotak di mana dia bisa membalik keping lawan sebanyak-banyaknya. Strategi ini disebut 'greedy strategy' (= strategi rakus).

Greedy strategy memang diperlukan di akhir permainan untuk memperbanyak jumlah keping, tetapi di awal dan tengah permainan strategi ini akan membawa malapetaka, dengan alasan 'mobility' seperti di bawah. Untuk itu disarankan supaya kita menjaga jumlah keping sedikit di awal dan tengah permainan, tetapi tentu saja harus memperbanyak keping di akhir permainan.

2. Kotak sudut (corners), x-squares, dan c-squares

Ketika kita berhasil meletakkan keping di kotak sudut (corner), maka keping itu tidak akan pernah bisa dibalik oleh lawan, karena tidak ada keping yang dapat mengapitnya. Bahkan bermula dari kotak sudut ini, kita dapat menggunakannya untuk membalik keping-keping lawan di sekitarnya. Itulah sebabnya kotak sudut adalah kotak yang paling penting di dalam permainan othello. Untuk itu disarankan supaya kita berusaha mendapatkan kotak sudut di awal dan tengah permainan.

Kotak x-square adalah kotak di sebelah diagonal kotak sudut. Kotak ini dipandang sebagai kotak yang paling berbahaya, karena ketika kita meletakkan keping kita di kotak ini, lawan dapat segera memanfaatkannya untuk mendapatkan kotak sudut di sebelahnya. Karena itulah disarankan untuk tidak melangkah di kotak x-squares pada awal dan tengah permainan.

Kotak c-square adalah kotak di sebelah kotak sudut secara horizontal atau vertikal. Kotak ini juga dipandang berbahaya setelah x-squares, karena pemain lawan dapat memanfaatkannya untuk mendapatkan sudut dengan trik-trik tertentu. Untuk itu disarankan supaya kita tidak melangkah ke kotak c-squares di awal dan tengah permainan.

3. Keping stabil

Keping yang tidak dapat diapit oleh keping lawan, sehingga tidak dapat dibalik, disebut keping stabil. Contoh paling ekstrim, keping di sudut adalah keping stabil. Selain itu keping di sisi papan yang bersambung dengan keping sudut juga keping stabil. Atau keping yang semua baris horizontal, vertikal dan diagonalnya bersambung dengan keping stabil lain, adalah juga keping stabil.

Keping stabil ini menjadi penentu kemenangan secara mutlak karena tidak bisa dibalik lagi menjadi keping lawan. Untuk itu disarankan supaya kita memperbanyak jumlah keping stabil di semua tahapan permainan.

4. Mobility

Di permulaan permainan hitam dapat melangkah di empat buah kotak. Selanjutnya putih dapat melangkah di tiga buah kotak. Demikian seterusnya jumlah kotak di mana pemain dapat melangkah, yaitu dapat mengapit keping lawan, berubah-ubah tergantung langkah lawan sebelumnya. Jumlah kotak di mana pemain dapat melangkah ini disebut mobility.

Semakin banyak mobility maka semakin banyak kemungkinan pilihan langkah yang bagus, sebaliknya semakin sedikit mobility maka semakin sedikit pilihan langkahnya sehingga semakin besar kemungkinan hanya tersisa langkah-langkah buruk. Karena itu disarankan untuk memperbanyak mobility kita di semua tahapan permainan.

Mobility berkaitan erat dengan jumlah keping. Apabila jumlah keping kita banyak, maka semakin susah kita mengapit keping lawan, sehingga mobility kita jadi sedikit. Sebaliknya ketika jumlah keping kita sedikit, akan semakin mudah kita mengapit keping lawan, sehingga mobility meningkat.

5. Keping tepi (frontier disc)

Ini adalah keping yang terletak di tepi kotak kosong. Ketika jumlah keping tepi yang kita miliki banyak, maka semakin besar kemungkinan lawan dapat melangkah di kotak kosong di sampingnya, sehingga mobility lawan meningkat. Untuk itu disarankan supaya kita mempersedikit keping tepi di semua tahapan permainan.

Strategi mempersedikit keping tepi ini juga berarti kita harus berusaha supaya keping kita selalu tersambung satu sama lain dan berada di dalam kepungan keping lawan.

6. Parity (ganjil-genap)

Di akhir permainan, kotak kosong di papan sering terbagi-bagi menjadi beberapa kelompok. Dan parity adalah kesempatan untuk melangkah terakhir di sebuah kelompok kotak kosong. Pemain yang dapat melangkah terakhir di sebuah kelompok kotak kosong akan diuntungkan karena dia mendapat kesempatan terakhir untuk membalik keping-keping lawan menjadi kepingnya. Karena itulah disarankan supaya kita menjadi pemain terakhir yang melangkah di semua kelompok kotak kosong di akhir permainan.

Caranya adalah dengan menghitung jumlah kotak kosong di sebuah kelompok. Ketika jumlahnya genap maka kita jangan melangkah ke sana, biarkan lawan kita yang melangkah ke sana. Sebaliknya ketika jumlahnya ganjil, maka kita usahakan untuk melangkah kesana, sebelum lawan kita melangkah ke sana. Dengan demikian kita akan menjadi yang terakhir untuk melangkah di semua kelompok kotak kosong.

7. Pola susunan keping

Di akhir permainan, susunan keping hitam dan putih di sisi dan sudut papan, sering membentuk pola-pola berulang yang dapat dikaitkan dengan kemenangan hitam atau putih. Contohnya adalah ketika keping hitam (h) dan putih (p) membentuk pola di sisi papan, h-p-p-p-...-p-p-h, adalah pola kemenangan untuk hitam, sebaliknya ini adalah juga pola kekalahan untuk putih. Karena pada akhirnya hitam dapat melangkah di kotak kosong di tengah-tengah untuk membalik semua keping putih menjadi hitam.

Pola-pola seperti ini ada banyak jumlahnya, dan akan kita ingat secara alami seiring dengan semakin seringnya kita bermain othello dan menemui berbagai pola-pola yang berujung pada kemenangan atau kekalahan.

Demikianlah beberapa strategi yang dapat kita gunakan untuk dapat bermain othello dengan kuat dan memenangkan permainan.
Related Posts : c-square , corners , frontier , greedy , keping , mobility , othello , parity , pola , stabil , strategi , sudut , x-square

0 komentar :

Posting Komentar