Rabu, 01 Juni 2011

Telah keluar GeneThello v 0.7: animated GIF generator, parallel Evolver

Dear rekan-rekan GeneThello..

Hari ini GeneThello versi 0.7 telah rilis.. beberapa fitur baru adalah:

  1. Animated GIF generator.
  2. Parallel Evolver.
  3. Penyesuaian nilai pattern.
  4. Warna baru untuk papan game.. :)

Transkrip permainan othello adalah penting untuk merekam permainan othello sehingga dapat dimainkan dan dipelajari kembali di kemudian hari. Tetapi transkrip othello memerlukan aplikasi player untuk memainkannya kembali. Pada versi sebelumnya GeneThello telah dilengkapi fitur untuk meload dan memainkan kembali transkrip othello yang disimpan dalam format SGF.

Karena transkrip memerlukan aplikasi player untuk memainkannya kembali, maka tidak cocok untuk ditampilkan di halaman situs web, karena tidak mudah dipahami secara visual oleh manusia. Untuk tujuan ditampilkan di halaman situs web seperti ini, yang paling tepat adalah transkrip dalam bentuk animated GIF, yang otomatis memainkan transkrip tersebut dari awal sampai akhir. Pada versi 0.7 ini GeneThello dilengkapi dengan fitur baru untuk men-generate animated GIF dari permainan yang baru dimainkan, maupun dari transkrip berformat SGF.

Fitur baru yang juga ditambahkan untuk versi ini adalah parallel Evolver. Evolver adalah sebuah program GeneThello yang digunakan untuk melakukan evolusi algoritma genetika terhadap populasi kromosom di server. Pada versi ini, evolusi yang dilakukan oleh Evolver dilakukan secara parallel dengan dibagi ke dalam 8 thread, sehingga proses evolusi yang memakan waktu lama dapat dipercepat.

Selanjutnya fitur lain yang juga ditambahkan adalah penyesuaian nilai pattern. Seperti diketahui salah satu fitur yang digunakan GeneThello untuk menghitung nilai evaluasi langkahnya adalah nilai pattern, yaitu nilai statistika pola susunan keping (disc) di tepi dan sudut papan, yang menunjukkan seberapa baik/buruk susunan keping tersebut. Nilai pola ini selalu bertambah/berkurang setiap kali pemain mendapatkan kemenangan/kekalahan. 

Akibatnya untuk pola yang hampir selalu menang, misalnya susunan 8 keping hitam di tepi papan untuk pemain hitam, nilainya akan selalu bertambah tanpa batas. Demikian pula untuk pola yang hampir selalu kalah, misalnya susunan 8 keping hitam di tepi papan untuk pemain putih, nilainya akan selalu berkurang tanpa batas. Untuk mengatasi masalah ini, pada versi sekarang telah ditambahkan fitur penyesuaian nilai pattern yang menjaga deviasi standar dari nilai pattern selalu kurang dari 10000, dengan cara membagi dua nilai seluruh pattern ketika deviasi standar melebihi 10000.

Terakhir adalah pemberian warna baru untuk papan permainan dan penambahan hiasan pada penggambaran keping.. sehingga tampilan GeneThello kini menjadi lebih othello.. :)

User manual dan javadoc untuk GeneThello dapat dilihat di:

http://genethello.sourceforge.net/manual/
http://genethello.sourceforge.net/javadoc/

Dan silakan download versi terbaru di..

http://sourceforge.net/projects/genethello/files

Lalu silakan lawan kromosom 'Best so far' yang telah ditemukan.. dengan limit waktu 1 menit (60 detik).. dapatkah anda menang?.. :)
Related Posts : animated gif , evolver , generator , genethello , parallel , pattern

2 komentar :

Trans 888 Media mengatakan...

http://nboard.tk
NTest / NBoard adalah program othello/reversi terkuat saat ini, 100% gratis, analisanya berkualitas tinggi, banyak fitur2 bagus, selalu bermain sempurna pada permainan standar.

Ahmad Salim Muttaqin mengatakan...

GIve generator apaaan sih mas ?

Taxi non-tunai medan

Posting Komentar